Pelangi

Can you touch a rainbow, hold it in your hand

Would you ride a rainbow, high … (Rainbows, Bou Aliyya)

***

Rinai hujan sore itu baru saja berakhir, digantikan oleh tirai cahaya yang menyusupi celah-celah awan. Wangi tanah basah menentramkan hati siapa saja yang menghidunya. Di balik bukit itu, di antara pucuk-pucuk cemara, muncul sebentuk prisma cahaya warna-warni. Membusur sempurna melukisi kanvas langit, simfoni merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-dan ungu.

Negeri tempat pelangi bermula, di sanalah perempuan serbuk cahaya itu berada. Parasnya seindah rembulan senja. Wangi tubuhnya seharum pandan. Namun, senyumnya tak lagi seteduh telaga. Sayap-sayapnya retak.

Dua belas purnama berlalu sejak lelaki pengejar bintang itu meninggalkannya. Ia masih hampir bisa merasakan kecupan lembut lelaki pengejar bintang itu di keningnya. „Aku takkan lama“, bisik si lelaki di pagi itu, sebelum pergi bersama tetes embun terakhir.

Butir keperakan jatuh berkilat dari sudut mata indah perempuan serbuk cahaya. Selirih angin, ia tersedu.

Perempuan serbuk cahaya itu tak ingin menjadi setegar pohon cemara maupun seindah pelangi, ia hanya ingin bersama lelaki pengejar bintang itu lagi …

:: Illustrasi dipinjam dari Deviantart.

Iklan

25 Responses to “Pelangi”


  1. 1 masjogja November 2, 2008 pukul 10:23 am

    setelah (akhirnya) nonton Laskar Pelangi tadi malam, kok yang keluar malah posting seperti ini ya 😀

  2. 2 Rocky November 2, 2008 pukul 10:28 am

    haiyahh,baru nonton????

  3. 3 teja November 2, 2008 pukul 10:47 am

    (Rocky) tau deh yang udah nonton lama.. pasti sama dek chincha…

    “Kau bikin pusing tujuh keliling
    Buat aku mabuk kepayang
    Gayamu cool dan seksi
    Mentok aku kepada kamu
    Jadi semakin aku cinta”

    Oh beybehh..beybeehhh…

    hahahaha! (guling-guling)

  4. 4 chang'e November 2, 2008 pukul 11:37 am

    Hmm..
    what can I say?
    because ‘good’, or ‘beautiful’ isn’t enough.

    ^_^

    lucu ya, LP bisa menjadi inspirasi untuk tulisan ini..

  5. 5 nami November 3, 2008 pukul 4:03 pm

    Dua hati saling berenungan dalam cinta,
    Terbang tinggi umpama cenderawasih ke aras cakerawala,
    Sedang tinggal seorang hati itu terdingin sepi,
    Setiap hari mengendong berat rindu malam ke pagi,
    Apakah ini cinta jika rindu terus jadi derita?

    Dari jauh hanya elektromagnet dari telefon mendengar berita,
    Hati jadi girang bila mendengar sang cinta ketawa,
    Dalam hati berharap dalam mimpi,
    Dua hati saling berenungan.

    Suatu hari nanti dua hati akan kembali ceria,
    Bila berjauhan tidak lagi,berganti berita gembira,
    Bila bersanding di pelamin cinta nanti,
    Dialah raja cintanya bersama permaisuri,
    Semoga hingga anak cucu terus bercerita,
    Dua hati saling berenungan.

    My poem for both of you,Agung and Danur.

  6. 6 kopisusu November 3, 2008 pukul 6:34 pm

    Warna nya membuncah ..
    Memuai menjadi kilau berlapis rasa dalam dada.

    *andai saya punya pelangi seperti yang kalian punya* 😉

  7. 7 Teja November 3, 2008 pukul 7:24 pm

    @Nami: That’s so sweet.. thank you very much!
    @kopisusu: bu guruu! (cozy)

  8. 8 masjogja November 3, 2008 pukul 9:07 pm

    rocky:
    iya, baru nonton. waktu di jogja kan ngga jadi, karena antrinya puanjang bangeet. trus di malang kemaren ngga sempet (mending ke bromo doong)
    oiya, saya sudah mendengar ceritanya.. ohohoho. menarik! (jadi pingin kujadiin bahan posting) 😉

    teja:
    saya tunggu saja updatenyah 😀

    chang’e:
    iya chang’e, LP baguus ya. saya sesak hampir nangis waktu ayah lintang meninggal, dan dia ngucapin perpisahan di sekolah.. 😦
    datang ke perhelatan itu kan, bu? 😉

    nami:
    waah, thank you nami 🙂
    baru pertama kali ini baca (dan dibuatkan) puisi dalam bahasa melayu.. hihi

    kopisusu:
    bu guruuu! 🙂

  9. 10 dyra November 4, 2008 pukul 10:25 pm

    Weh, apik.
    Apalagi yg dibikin nami, bagus 🙂 Ku terharu.

    jeng Danur kok ga mampir ya? *kabur*

    Ah, aku menonton LP bareng cewe” ni. Minggu ni pulg ke Jogja, kalo bs ajakin orang serumah wat nonton, haha

  10. 11 hanny November 5, 2008 pukul 10:15 am

    ouch. pelangi… kita biasanya hanya melihatnya setengah lingkaran, tak sadar bahwa pelangi itu berbentuk lingkaran penuh 😀

  11. 12 Rocky November 5, 2008 pukul 12:51 pm

    @ mas jogja & mb’ danur : HAH!!apa-apaan ini,,hahahaaahaahahhaha,, awas kalian berdua yaa!!!!;p

  12. 13 atriabirama November 5, 2008 pukul 7:58 pm

    pelangi…………..
    sebenernya apa sih arti nama pelangi itu???
    kenapa anak2 dalam novel dapet julukan laskar pelangi????

  13. 14 masjogja November 5, 2008 pukul 11:00 pm

    ophiembahwek:
    mbahweekk! selamat dataang! 😀
    *salaman*

    dyra:
    waah, mau ke jogjaa. emang di Amplas masih ada LP ya?

    hanny:
    hai hanny 🙂
    saya malah baru tau kalo pelangi sebenernya berbentuk lingkaran penuh.. hihihi
    yang saya tahu, ia terbuat dari tawa dan air mata.. 🙂

    rocky:
    kalo kita pulang besok, kenalin yaah.. hohoho 😉

    atriabirama:
    lha, bukannya sampean udah nonton filmnya dua kali bi?
    hayooo, ngapain di dalem bisokop? :p

  14. 15 Cumi cumi November 5, 2008 pukul 11:35 pm

    Wah keren juga kayaknya bikin puisi2 beginian…
    gw juga nyoba bikin ah!
    @teja: minta penilaian lo yaks!

  15. 16 Elys Welt November 6, 2008 pukul 1:47 pm

    aku sering lihat pelangi di sini, nggak hanya satu lengkung, sering ngliat juga yg dobel lengkungannya 🙂

  16. 17 Rocky November 6, 2008 pukul 6:59 pm

    @ mas jogja: hohohohoh,,sekalian press release juga,huh??*puas,,puas??hahaha*

  17. 18 Teja November 6, 2008 pukul 9:24 pm

    @cumi cumi: siap! kabar2i aja kalau udah diposting yah.. hi3
    @dyra: aku mampir kok iniii.. hi3.. salam kenal..
    @rocky: oh beybeehh..beybeeh.. [teteb]
    @Elys Welt: aku mauuu liat yang dua lengkung ituu.. mauuu..
    @masjogja: numpang acting jadi yang punya blog yaa.. hi3.. *kaburr*

  18. 19 yessymuchtar November 7, 2008 pukul 3:20 pm

    aku juga udah nontong film ituuuuuuu

    malah kepengan naik kereta angin hehehehe

  19. 20 kopisusu November 9, 2008 pukul 12:40 am

    Avatar diri mas” pake blangkon (egh bener kan namanya?) lucu juga yaks .. Btw, terima orderan buat avatar diri ndak? *mupeng* 😀

  20. 21 chang'e November 11, 2008 pukul 2:52 pm

    Pelangi dua lengkung?

    Mauu.. ^__^

  21. 22 chang'e November 11, 2008 pukul 2:56 pm

    oh ya lupa..
    pb08 ya pak..
    Haduuh.. Tgl 24nya ujian.. 😥

  22. 23 venus November 23, 2008 pukul 4:02 pm

    tulisan yang cantik.

    btw, seneng akhirnya bisa ketemu kemaren 🙂

  23. 24 Melati November 25, 2008 pukul 1:09 pm

    Dunno why koq jd inget AADC ya… 🙄


  1. 1 Booster 2m tabung Lacak balik pada Januari 12, 2015 pukul 1:51 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: